11.10.12

HAL-HAL YANG DAPAT MERUSAK KOMUNIKASI

Sobat Blogger yang berbahagi... Topik kali ini saya akan membahas tentang " Hal-hal buruk yang merusak komunikasi" . Permasalahan ini, saya terinspirasi dari tugas yang diberikan oleh dosen untuk
lecture Business Communication, yaitu Mam Riola . Setelah tugas dikumpul ke dosen, timbul inisiatif untuk share di dunia maya dan akhirnya diposting aja di blog saya.
Okey Guest, kita kembali ke topik permasalahan. Berbicara tentang komunikasi berarti berbicara tentang sesuatu yang dapat dipahami oleh pihak yang terlibat dalam komunikasi itu sendiri. Tidak ada gunanya berkata bahwa kita sudah mengomunikasikan sesuatu. Jika apa yang kita ingin sampaikan tersebut tidak bisa dipahami oleh orang yang kita ajak berkomunikasi.
Hal-hal buruk yang merusak komunikasi:
  1. Asumsi negative,
Karena sekali kita memiliki asumsi negative tentang lawan bicara secara otomatis komunikasi yang terbangun tidak akan bersifat konstruktif. Melainan mulai menyerang dan menjatuhkan.
  1. Cara berkomunikasi yang keliru
Intonasi yang keliru dapat menciptakan pemahaman yang keliru.
  1. Pemilihan kata.
Dalam berkomunikasi jangan menggunakan kata-kata kasar/merendahkan/tidak sopan. Kadang dalam kondisi emosional, intonasi dan pemilihan kata yang kita gunakan menjadi salah. Meskipun tersinggung kita harus menyadari siapa kita sesungguhnya.
  1. Menggunakan bahasa negative
Bahasa emosional yang negative, seperti :”kamu tidak pernah mendengar apa yang saya katakana” adalah merupakan bahasa yang tidak memberikan jalan keluar atau komunikasi tidak dapat berjalan efektif.
  1. Tidak menghargai sikap positif
Kesalahan ini juga sering dilakukan. Misalny, meminta lawan bicara untuk mengubah nada bicaranya.
  1. Kesalahpahaman/salah paham.
Terkadang di dalam suatu komunikasi terjadi salah paham di dalam interpretasi, respon, dan asumsi. Hal ini membuat suatu kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Sehingga, dari kesalahpahaman ini terjadi kerusakan suatu komunikasi.
  1. Mendominasi peembicaraan
Bila ada seorang lebih mendominasi suatu pembicaraan maka komunikasi tidak akan efektif.


Tugas  Business Communication

Tidak ada komentar:

Posting Komentar